Definisi Ruqyah
- Bahasa.
AR-RUQYAH (الرُّقْيَةُ) bentuk jamaknya
AR-RUQO (الرُّقَي)artinya
Jampi, Mantera, Suwuk, Rapal.
- Istilah.
Segala ungkapan yang digunakan sebagai
mantera untuk kesembuhan, perlindungan/penjagaan, penguatan, kelancaran,
kemudahan, dst.
Jenis Ruqyah
- Ruqyah
Syirkiyyah/Jahiliyyah الرُّقْيَةُ
الشِّرْكِيَّةُ: Ruqyah/mantera yang keseluruhan
atau sebagiannya mengandung kesyirikan/kejahiliyahan atau tidak sesuai
dengan syari’at Islam.
- Ruqyah
Syar’iyyah الرُّقْيَةُ
الشَّرْعِيَّةُ: Ruqyah/mantera yang
diperbolehkan dan sesuai dengan kaidah syari’at Islam.
عَنْ عَوْفٍ بْنِ
مَالِكٍ رضي الله عنه قـال : كُنَّا نَرْقِي فِى الْجَـاهِلِيَّةِ، فَقُلْنـَا
يـَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ تَرَى بِذلِكَ ؟
فَقَالَ : أَعْرِضُوْا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ بَـأْسَ بِالرُّقَى مَالَمْ
يَكُنْ شِرْكـاً (رواه مسلم)
Dari sahabat ‘Auf bin Malik ra dia
berkata : Kami dahulu meruqyah di masa Jahiliyyah, maka kami bertanya : “Ya
RosuluLLah, bagaimana menurut pendapatmu ?” Beliau menjawab : “Tunjukkan padaku
Ruqyah (mantera) kalian itu. Tidak mengapa mantera itu selama tidak mengandung
kesyirikan” (HR. Muslim).
- RuqyahDa’wiyyah الرُّقْيَةُ الدَّعْوِيَّة: Ruqyah/mantera Syar’iyyah yang pelaksanaannya lebih
mengutamakan aspek2 dan kaidah2 serta target2
da’wah disamping berfungsi sebagai terapi itu sendiri.
Diantara
definisi Ruqyah (Syar’iyyah) dari segi keilmuan :
هى علم من أجل العلوم وهى يدخل فيها كل ماهو من القرآن الكريم ومن
السنة النبوية المطهرة
وهو ان الراقى يستخدم آيات الله ويؤمن ويوقن به ايقان شديد فى تاثيرها فى
المريض
Ruqyah
merupakan suatu ilmu dari bagian ilmu-ilmu yang di dalamnya mengandung segala
hal yang berasal dari Al-Quran yang Mulia dan Sunnah Nabawiyah yang Suci.
Dan bahwa orang
yang meruqyah (الراقى) menggunakan
ayat-ayat ALLAH swt (dan do’a-do’a Nabi) dengan penuh keimanan dan keyakinan
yang sangat kuat (bahwa dengan izin ALLAH ayat dan do’a itu) memberi dampak
kebaikan kepada orang yang sakit (penderita).
والرقية تعالج كل الامراض الروحية من سحر ومس وحسد وسواس نفسى وغيرهاوتعالج العديد من الامراض العضوية وتزيل الامراض الخبيثة
مثل السرطانات وفيروس الكبدى وغيرها .
Ruqyah
meng-ilaj penyakit-penyakit Ruhiyyah (sihir, kesurupan, hasad, was-was
dsb) selain itu pula meng-ilaj beberapa penyakit ‘udhwiyyah (fisik)
serta menghilangkan penyakit buruk lainnya seperti kanker, virus lever
(hepatitis) dsb
Perbedaan
Pendapat terhadap Hadits-hadits tentang Ruqyah
- Yang
cenderung melarang atau menghindar dari Ruqyah diantaranya bersandar
kepada beberapa hadits berikut (dan sejenisnya) :
أحاديث
“النهي” عن الرقي :
- عن جابر رضي الله عنه قال :
نهي رسول الله صلى لله عليه و سلَم عن الرُّقي (رواه مسلم)
“Dari
sahabat Jabir r.a berkata : RasuluLlah saw telah melarang Ruqyah” (HR. Muslim)
- عن ابن مسعود رضي الله عنه
قال: قال رسول الله صلى لله عليه و سلَم : إنّ الرقى و التِّوالة شِرْكٌ (رواه حاكم و صححه – المستدرك، كتاب الطب)
“Dari Ibn Mas’ud r.a berkata : Bersabda
RasuluLLah saw : Sesungguhnya Ruqyah dan Tiwalah (sejenis ‘pelet’) adalah
perbuatan Syirik” (HR. Hakim)
- عن ابن عباس رضي الله عنه
قال: قال رسول الله صلى لله عليه و سلَم : " يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مِنْ
أُمَّتِي سَبْعُونَ أَلْفًا بِغَيْرِ حِسَابٍ ، قَالُوا وَمَنْ هُمْ يَا
رَسُولَ اللَّهِ قَالَ هُمُ الَّذِينَ لا يَكْتَوُونَ وَلا يَسْتَرْقُونَ
وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ (رواه الشيخان)
و في رواية عند مسلم : هُمُ الَّذِينَ
لا يرقون وَلا يَسْتَرْقُونَ ولا يتطيّرون
ولا يَكْتَوُونَ وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
Dari Ibn Abbas ra, dia berkata: Telah
bersabda RasuluLLah saw : Akan masuk surga tanpa hisab dari umatku sebanyak 70
ribu orang. Para sahabat bertanya, siapakah mereka itu ya
RasuluLLah ? Beliau bersabda : mereka itu adalah orang-orang yang tidak minta
di-kay dan tidak minta diruqyah dan mereka bertawakkal kepada Robb
mereka. (HR. Bukhari-Muslim)
Dalam riwayat
Imam Muslim : “mereka itu yang tidak meruqyah dan tidak minta diruqyah tidak
tathoyyur, tidak minta di-kay dan mereka bertawakkal kepada Robb
mereka”.
- Yang menganggap Ruqyah sebagai contoh yang dilakukan
oleh Nabi saw dan para sahabatnya :
أحاديث ترخّص
بالرقية و تأمر بها :
1.
عن عائشة رضي
الله عنها قالت : أمرني رسول الله صلى لله عليه و سلَم أن أسترقي من العين (متفق
عليه)
Dari A’isyah ra dia
berkata : RasuluLLah saw telah memerintahkan kami agar meruqyah orang yang
terkena gangguan ‘ain (HR. Muttafaun ‘alaih)
2.
عن أمّ سلمة
رضي الله عنها أن النبي صلى لله عليه و سلَم
رأى فى بيتها جارية و فى وجهها سَفْعَةً ، فقال : إسترقوا لها، فإن بها
النظرة (متفق عليه)
Dari Ummu Salamah ra (mengabarkan)
bahwa Nabi saw melihat di rumahnya (Ummu Salamah) ada seorang wanita yang diwajahnya ada saf’ah (cekungan
hitam di sekitar matanya) maka beliau bersabda : Lakukanlah Ruqyah untuknya
(wanita itu) karena dia ada terkena gangguan (nazhoroh/’ain) – HR. Muttafaqun ‘alaih.
3.
عن
أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال : كان صلى لله عليه و سلَم يتعوّذ من الجان و
عين الإنسان حتى نزلت المعوّذتان، فأخذ بهما و ترك ما سواهما (رواه الترمذي)
Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra berkata :
Bahwa RasuluLLah saw senantiasa minta perlindungan dari gannguan jin dan ‘Ain
hingga akhirnya turun dua surat perlindungan (Al Falaq dan An Naas), maka sejak
itu dipakailah keduanya dan dia tinggalkan yang lainnya (HR. At Tirmidzi)
4.
عن
جابر رضي الله عنه قال نهي رسول الله صلى لله عليه و سلَم عن الرُّقي فجاء آل عمرو بن حزم، فقالوا : يا رسول الله
إنّه كانت عندنا رقية نرقى بها من العقرب، قال : فعرضوا عليه، فقال : ما أرى
بـأساً، من استطاع أن ينفع أخاه فلينفعه (رواه مسلم)
Dari Jabir ra berkata : RasuluLlah saw
telah melarang Ruqyah. Maka datanglah keluarga ‘Amru bin Hazm, mereka berkata :
Yaa RosulaLLah bahwa kami memiliki Ruqyah (mantera) yang biasa kami lakukan
jika terkena gangguan kalajengking. Maka mereka menunjukkankan (Ruqyah itu)
kepada RasuluLLah saw. Lalu beliau bersabda : saya memandang tidak apa-apa
ruqyah kalian itu. Barangsiapa yang mampu memberi manfaat bagi saudaranya, maka
lakukanlah. (HR. Muslim)
5.
عَنْ
عَوْفٍ بْنِ مَالِكٍ رضي الله عنه قـال : كُنَّا نَرْقِي فِى الْجَـاهِلِيَّةِ،
فَقُلْنـَا يـَا رَسُوْلَ اللهِ كَيْفَ تَرَى بِذلِكَ ؟ فَقَالَ : أَعْرِضُوْا عَلَيَّ رُقَاكُمْ لاَ
بَـأْسَ بِالرُّقَى مَالَمْ يَكُنْ شِرْكـاً (رواه مسلم)
Dari sahabat
‘Auf bin Malik ra dia berkata : Kami dahulu meruqyah di masa Jahiliyyah, maka
kami bertanya : “Ya RosuluLLah, bagaimana menurut pendapatmu ?” Beliau menjawab
: “Tunjukkan padaku Ruqyah (mantera) kalian itu. Tidak mengapa mantera itu
selama tidak mengandung kesyirikan” (HR. Muslim).
6.
عن
عائشة رضي الله عنها أنها قالت : كان إذا اشتكى رسول الله صلى لله عليه و سلَم،
رقاه جبريل عليه السلام، قال : بِسْمِ اللهِ يُبْرِيْكَ مِنْ كُلِّ دآءٍ
يَشْفِيْكَ، وَ مِنْ شَرِّ حَاسِدٍ إِذاَ حَسَدٍ وَ شَرِّ كُلِّ ذِيْ عَيْنٍ (رواه مسلم)
“Dari
A’isyah ra dia berkata : Bahwa jika RasuluLLah saw ada keluhan
(sakit/gangguan) maka malaikat Jibril meruqyah beliau saw dengan kalimat :
Dengan nama ALLAH – Dia membebaskanmu dari segala gangguan penyakit Dia
menyembuhkanmu dan dari kejahatan para penghasud ketika hasadnya dan dari
kejahatan setiap gangguan mata” (HR. Muslim)
7.
عن
عائشة رضي الله عنها : أن رسول الله صلى
لله عليه و سلَم دخل عليها امرأة تعالجها
أو ترقيها فقال : عالجيها بكتاب الله
(رواه ابن حبـان)
8.
وعَنْ
أَبِي خُزَامَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ سَأَلْتُ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ رُقًى نَسْتَرْقِيهَا وَدَوَاءً
نَتَدَاوَى بِهِ وَتُقَاةً نَتَّقِيهَا هَلْ تَرُدُّ مِنْ قَدَرِ اللَّهِ شَيْئًا
قَالَ هِيَ مِنْ قَدَرِ اللَّهِ. (حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ رواه الترمذي)
Dari
Abu Khuzamah ra dari bapaknya dia berkata : Aku bertanya kepada
RasuluLLah saw telah : Ya RosulaLLah bagaimana pandangan engkau terhadap
Ruqyah-ruqyah yang kami melakukan peruqyahan dengannya dan obat-obatan yang
kami melakukan pengobatan dengannya dan perlindungan-perlindungan yang kami
melakukan dengannya, apakah itu semua bisa menolak takdir ALLAH ? Jawab beliau
saw : Semua itu adalah (juga) takdir ALLAH. (HR. At Tirmidzi, hasan-shohih)
9.
والحديث
الذي رواه أحمد عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ دَخَلَ النَّبِيُّ
صلى الله عليه وسلم فَسَمِعَ صَوْتَ
صَبِيٍّ يَبْكِي فَقَالَ مَا لِصَبِيِّكُمْ هَذَا يَبْكِي فَهَلا اسْتَرْقَيْتُمْ
لَهُ مِنَ الْعَيْنِ. وفي رواية مالك في موطئه عن عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ
حَدَّثَهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم دَخَلَ بَيْتَ أُمِّ سَلَمَةَ زَوْجِ
النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم وَفِي
الْبَيْتِ صَبِيٌّ يَبْكِي فَذَكَرُوا لَهُ أَنَّ بِهِ الْعَيْنَ قَالَ عُرْوَةُ
فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم
أَلا تَسْتَرْقُونَ لَهُ مِنَ الْعَيْنِ؟
Dengan
memahami bahwa sebelum masa diutusnya RasuluLLah saw, sebagian sahabat dahulu
pada masa Jahiliyah sudah melakukan Ruqyah, Tamimah, Kay, Tathoyyur, Tiwalah,
Nusyroh dsb, maka yang dimaksud pelarangan Ruqyah itu adalah pelarangan
terhadap Ruqyah Jahiliyyah yang mengandung kesyirikan sebagaimana kebiasaan
lainnya yang terlarang itu dan yang dilarang itu bukanlah Ruqyah Syar’iyyah -- yang RosuluLLah saw sendiri pernah diruqyah dan meruqyah dengan
Ruqyah tersebut, dan Ruqyah itu diajarkan kepada isteri-isteri beliau dan para
sahabat lainnya, bahkan sahabat-sahabatnya yang dahulu pernah meruqyah tetap
didorong untuk terus melakukan kemampuan meruqyah tersebut dengan dibenahi cara
meruqyah sesuai kaidah-kaidah syar’iyyah.
يقول
الشيخ عبد العزيز بن باز بأن الاسترقاء لمن احتاج له لا يخرج المسلم من اللحاق
بالسبعين ألفا حيث أنه مـحتاج للرقية ، ويرى حفظه الله تعالى استحباب العلاج من
المرض.
Syaikh
Abdul ‘Aziz bin Baz berpendapat bahwa memintakan Ruqyah bagi yang membutuhkannya
tidak menyebabkan seorang muslim tidak memperoleh (kesempatan) termasuk 70 ribu
orang (yang dijamin masuk surga tanpa hisab) beliaupun – hafizhohuLLah –
berpandangan bahwa “disukai” melakukan pengobatan dari derita penyakit.
0 komentar:
Posting Komentar